Jadi… Hmmm… Selamat pagi, eh siang, eh sore, eh malem, aduh sekarang jam berapa sih, mana jam gue rusak lagi, eh nggak sih baterenya doang yang abis, lah beli dimana coba, mana disini adanya warteg doang, …
Sori, gue lost focus.
Okeh, karena ini pertama kalinya gue ngepost di blog, jadi mohon dimaklumi kalo gue rada salting. Ya kalo menurut gue wajar kok salting, adek gue aja pas pertama kali masuk SMA sampe nggak bisa ngomong. Emang sih adek gue masih bayi, TK aja baru masuk. Tapi kok dia bisa ke SMA? Mari kita menyimpang sebentar. Jadi ceritanya pas gue mau daftar ulang, tiba-tiba dia kepengen ikut nemenin gue. Nggak biasanya adek gue sebaik ini. Dia pasti punya rencana yang lebih busuk dari celana bekas ompolnya. Walaupun udah bisa jalan, dia minta digendong biar bisa keliling sekolah dengan elegan. Bener dugaan gue, ternyata dia sengaja ikut biar para calon siswi yang juga lagi daftar ulang terpesona dengan bentuknya yang masih bulat dan unyu serta cengir idiot-nya yang kiyut. Adek gue emang membanggakan. Tapi dia licik. Dan gue tetep bangga. Walaupun adek gue mungkin sekarang lagi ke pengadilan dan nuntut gue karena pencemaran nama baik.
Back to topic. Seperti halnya seorang murid yang baru masuk sekolah, gue nggak tau mau ngapain di blog gue, walaupun gue pengen apa yang gue lakuin disukai banyak orang seperti halnya rencana busuk adek gue tadi. Iya, bahkan gue ngetik post ini tanpa tema atau ide apapun. Walaupun sebelumnya gue nulis back to topic, tapi sebenernya gue ga punya topik apapun. Gue nulis gitu biar keren aja. Tadinya gue pikir asal udah niat nulis aja, entar ide buat tulisan gue bakal muncul tiba-tiba kayak iklan obat kuat yang suka nongkrong di blog orang. Ternyata nggak. Dan gue baru tau kalo menulis itu susah. Emang sih, dari gue TK juga belajarnya nulis melulu. Tapi “menulis” yang gue omongin disini konteksnya lebih ke arah “berkarya”. Yap, kayak bikin cerpen bahasa gitu. Kalo tau susah ngapain nyoba nulis? Ga ada tujuan hidup ya? Kalo ini sih sama aja kayak kalo lo ditanya “Kalo udah tau nanti putus ngapain pacaran? Mau pamer status di bio twitter ya?”. Kira-kira gitu.
Intinya, gue ngeblog karena gue punya kesempatan, gue punya waktu, dan gue penasaran. Mungkin bisa di analogikan kayak pacaran. Gue masih SMA, dan gue belum butuh pasangan hidup buat nemenin hari gue sampe tua, melestarikan spesies, maupun untuk keperluan lainnya. Tapi bisa aja gue mutusin untuk bikin relationship sama seseorang, dan pacaran akan jadi medianya. Jadi kalau pun gue nanti pacaran, itu karena gue pengen, bukan karena gue harus. Karena itu hubungan yang gue jalin nggak boleh jadi prioritas utama, dan nantinya hubungan itu nggak harus berlanjut terus, untuk saat ini. Sama kayak ngeblog. Dimana relationship adalah menulis, dan pacaran adalah blognya. Kalo bingung menganalogikan, tinggal diganti aja kata-katanya sesuai perbandingan tadi. Itu juga kalo bisa.
Tapi walaupun gue udah sok bijak dan beralasan panjang lebar dengan resiko mengalami kebotakan seperti salah satu motivator bijak yang “super” di Indonesia, tetep aja alesan pertama gue ngeblog itu karena iseng. Gue penasaran aja. Dan entah kenapa gue tetep mikirin kemungkinan yang bakal terjadi setelah gue mulai ngeblog. Kali aja tiba-tiba gue terkenal karena tulisan gue yang keren, atau justru dikucilkan masyarakat karena tulisan gue terlalu hina untuk dibaca. Dan otak realistis gue lebih condong ke kemungkinan terakhir, tanpa bagian dikucilkan masyarakat. Iya, gue tau walaupun tulisan gue jelek, dan walaupun gue tau tulisannya nggak mungkin jelek karena ini font standar, tapi bagaimanapun jadinya nanti, gue nothing to lose, nggak ada ruginya. Yaudah, gue ngeblog deh.
Kalo mau nyari kesibukan kan banyak kegiatan lain, ngeband kek. Kan anak band suka dikecengin cewek. Kok nulis? Coba lo liat nasib penulis beken di Indonesia. Ada yang tiap malem minggu ketiban sial sama gebetannya, ada yang kuliah nggak lulus-lulus, ada yang jadi kribo dan akhirnya mengkribonisasi orang, yah pokoknya gitu deh. Jadi… Kok nulis?
Pertama, gue mau menegaskan kalo segala kesamaan tokoh maupun cerita merupakan ketidak sengajaan belaka. Kayaknya. Nah, salah satu alesan gue milih untuk mencoba menulis itu karena menulis itu cukup praktis. Gue bisa nulis apa aja, dimana aja, kapan aja, dan aja-aja lainnya. Selain itu gue termotivasi sama beberapa penulis yang udah lumayan terkenal lewat blog dan media sosial karena karya mereka. Sebenernya yang bikin gue termotivasi bukan suksesnya, tapi tulisannya. Entah di media sosial, blog, maupun buku, para penulis ini selalu berhasil membuat gue tertarik sama tulisannya, bahkan kadang ketawa, dan kadang juga terpana dengan ke-kreatifan mereka dalam menemukan cerita dibalik detil kecil keseharian yang kadang butuh perhatian untuk ditemukan atau dari fenomena yang selalu ada di depan mata, tapi selalu luput dari perhatian kita. Selain itu mereka juga berhasil merangkai kata-kata dan memanfaatkan segala macam diksi dan jurus-jurus bahasa untuk menghasilkan tulisan yang mengundang tawa atau malah menyentuh sukma.
Jiah omongan gue sok keren banget. Padahal kalo dikoreksi guru bahasa juga paling udah dicoret tuh satu paragraf. Ya pokoknya gua berterimakasih sama para penulis yang udah memberi dorongan buat ngeblog; walaupun belom sampe terkenal; antara lain Bang Raditya Dika dan karyanya yang jenaka, Om Piring “Newsplatter” dan tulisannya yang berbobot tapi tetap ringan dibaca, juga Om Alitt “Shitlicious” dan… apanya ya? Ah sudahlah. Yang penting bisa nambah keyword kalo dicari dari google. Ternyata gue licik juga ya. Mungkin abis ini gue bisa nguasain dunia. Mumpung nggak ada power ranger keliaran.
Untuk post kali ini sampe sini dulu deh kayaknya. Selain kayaknya udah kepanjangan (banget), gue juga udah bingung mau nulis apalagi. Kalo kebanyakan ditulis sekarang entar nggak seru lagi, walaupun kalo nggak gue tulis juga paling lupa. Selain itu kayaknya gue nyium bau gosong di deket gue, mungkin kepala gue udah berasep gara-gara kebanyakan mikir. Daripada kepala gue kebakar sampe botak; kayak om om motivator; mending gue udahan dulu aja. So, see you on the next post. I guess…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar